Malam Nisfu Sya’ban


Serem banget di kostan. Sepi. Yang lain pada mudik sama KKN. Dan gw ikut SP (semester pendek). Gw ambil 9 sks dan kuliahnya cuma 3x pertemuan dalam seminggu. Kostan yang tadinya emang sepi sekarang makin tambah sepi. Paling horror lagi mungkin ntar pas bulan puasa. Hmmm… kenapa gw bilang horror? Sebenernya ini bukan masalah bulannya sih, kemaren-kemaren gw lagi rutin nonton dunia lain @trans7 di rumah. Mungkin efeknya jadi kesini deh. Kebayang-bayang terus.

Kemaren itu malam nisfu sya’ban. Gw tau karena gw dapet banyak pesen dari temen-temen gw yang isinya minta maaf kayak mau lebaran. Nah sekarang gw mau nyoba post tentang nisfu sya’ban. Sebenernya apa si nifsyu sya’ban itu?

Nisfu Sya’ban berasal dari kata Nisfu (bahasa Arab) yang berarti separuh atau pertengahan, Sya’ban adalah nama bulan ke-8 dalam kalender Islam. Dengan demikian nisfu sya’ban berarti pertengahan bulan Sya’ban. Pada malam ini biasanya diisi dengan pembacaan Surat Yaasiin tiga kali berjamaah dengan niat semoga diberi umur panjang, diberi rizki yang banyak dan barokah, serta ditetapkan imannya. Hal ini karena diyakini pada malam tersebut Allah akan memberikan keputusan tentang nasib seseorang selama setahun ke depan. Keutamaan malam nisfu Sya’ban diterangkan secara jelas dalam kitab Ihya’ Ulumuddin karangan Imam Al-Ghazali. Ini gw ambil dari wikipedia.

Serem banget ya disitu ditulis Allah memberikan keputusan nasib seseorang setaun ke depan…hihihi takut.

Dan banyak hadist dan riwayat tentang malam nisfu syaban, gw mengambil satu riwayat, begini bunyinya :

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam Nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah  turun ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, adakah yang begini (2x), demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.”  (HR Ibnu Majah).

Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang mengingatkan sesama tentang kedatangan bulan ini. Maka api neraka haram baginya.”

Subhanallah banyak banget kupon-kupon jackpot hadiah dari Allah. Bahkan dengan kita cuma saling ngingetin aja api neraka uda haram buat kita. Waah kereen… Cuma orang rugi yang menyia-nyiakan kesempatan ini. Kayak gw, gw nyesel banget nggak ngemaksimalin ibadah gw… itu karena gw nggak tahu esensi sebenarnya dari nisfu sya’ban.

Hmmm di malam nifsu sya’ban gw malah menghabiskan waktu buat bisnis, bukannya ngaji. Hmm rugi banget. Tapi gw yakin kapan pun kita berdoa dan memohon pasti Allah kabulin, tinggal nunggu waktunya aja yang pas J dan sekarang yang masih dalam suasana nisfu sya’ban gw berdoa supaya dilancarkan rezeki dan jodohnya, gw berharap semoga bisnis yang baru gw mulai ini bersama Kakak gw berjalan lancar. Dan juga gw ga lupa untuk selalu bersyukur berterima kasih sama Allah atas semua yang Dia berikan. Amin.

 

 


 

Leave a Reply

