Quality Time


Make ur time to be a quality time. Nothing special hari ini. Pagi-pagi berangkat ke kampus terus langsung balik ke kostan. Dan itu selalu berulang-ulang tiap harinya. Biasanya kalo nggak ke kostan paling mampir dulu ke tempat temen atau sekedar ke mall *itu juga cuma liat-liat doang*.

Susah bikin waktu lo bener-bener bermanfaat. Sebenernya apa sih quality time itu? Menurut gue quality time itu semacam waktu yang berkualitas, maksudnya disini waktu yang bener-bener lo pake dengan kegiatan yang berguna. Yang kayak gimana sih waktu yang berguna itu? Waktu yang berguna itu adalah yang bermanfaat. Disini lo butuh suatu management waktu yang baik supaya waktu lo ga terbuang sia-sia.

Disini gw mikir. Kenapa ya selama gw kuliah gw ngerasa ga dapet ilmu apa-apa. Sebenernya itu pernyataan yang salah menurut gw. Actually, lo dapet ilmu, pengalaman dsb tapi yang lo dapet itu ga maksimal artinya ga banyak karena ga sebanding sama waktu yang uda lo keluarin. Contohnya lo punya 59 menit buat smsan dan 1 menitnya buat baca buku. Emm.. rugi ga sih?

 

Dan kenapa…

Setiap ujian gw selalu nyontek?

Kamar gw selalu berantakan?

Cucian gw numpuk?

Baju gw selalu kusut?

Uang bulanan tak pernah cukup?

Berat badan gw makin naik?

D a n m a s i h b a n y a k l a g i …

Itu karena gw selalu menyia-nyia kan waktu gw dengan nonton tv, maen hp, chating, fban, twiteran dll.

What the fuck! Dipikir-pikir ga kerasa penyakit kayak gini uda berlangsung selama bertahun-tahun dalam diri gw.

Oiya gw jadi inget, dari sudut pandang agama juga dibahas mengenai quality time itu sendiri yaitu kayak gini :

  • Memanfaatkan masa kaya sebelum datang masa sulit (miskin)
  • Memanfaatkan masa sehat sebelum datang masa sakit
  • Memanfaatkan masa senggang sebelum datang kesempitan
  • Memanfaatkan masa muda sebelum datang masa tua
  • Memanfaatkan masa hidup kita sebelum datang kematian

Untuk make the quality time mungkin langkah pertama yang harus kita lakukan adalah buat schedule. Ah tapi ribet. Gw paling ga bisa disiplin. Kita bisa kok bikin semuanya itu jadi simple. Mungkin disini gw punya sedikit catatan supaya waktu kita ga boring dan sia-sia.

  1. Baca buku.

Buat mahasiswa pastinya ilmu di kelas itu paling Cuma 5% yang lo dapetin, itu juga kalo lo merhatiin dosennya yang lagi ngomong. Sebenernya buku itu menarik loh. Beneran. Gw baru nyadar sekarang. Semua isinya itu serasa kayak cerita pangeran dan putri cantik yang berakhir bahagia dari nenek sihir yang jahat. Lo harus bisa ubah image buku jadi kayak gitu. Lo bisa lakuin itu disaat lo ga bisa tidur, dengan baca buku pasti lo langsung ngantuk. Daripada lo baca komik, mending buku pelajaran aja, lumayan kalo ada yang nyantol-nyantol dikit.

  1. Joging.

Lari itu enaknya pagi-pagi, paling enak lagi subuh-subuh. Buat para mahasiswa yang super sibuk pastinya waktu luang buat olahraga itu sedikit akibatnya berat badan naek dan sakit-sakitan terus karena jarang olahraga. Buat para mahasiswa yang ga sibuk pastinya buat bangun pagi itu susah akibatnya sholat subuh pun kebablasan. Nah, solusi yang tepat banget adalah lo harus tanam fikiran lo bahwa lo harus punya badan proposional kayak model-model. So pastinya lo bakal punya keinginan terus untuk olahraga dan hidup yang sehat.

  1. Irit.

Daripada laundry mending nyuci sendiri. Itu bisa mengatasi uang jajan lo. Selain irit dengan mencuci baju sendiri juga lo bisa melatih otot-otot tangan lo supaya lebih atletis dan juga dapat mengisi waktu luang lo yang kosong.

  1. Menulis.

Gw lebih memilih media blog daripada buku diary atau buku sidu untuk menyalurkan inspirasi gw. Buat nulis ga butuh waktu berjam-jam kok, ga perlu bagus juga yang penting bisa bikin lo nyaman setelah lo tuangin semuanya. Dengan menulis paling ga lo punya hasil original lo semasa hidup. Lebih bagus lagi kalo lo bisa ngeluarin album,,eh maksud gw novel, puisi, cerpen, cerbung dll. Ini yang bikin hidup lo ga sia-sia karena lo pake waktu lo buat ngehasilin karya.

  1. Sosialisai.

Lo harus punya waktu buat sosialisasi, terutama temen-temen lo. Hal yang paling simple adalah lo maen ke semua kamar di kostan lo. Daripada tidur di kostan mending lo maen ke kamar sebelah lo. Selain menjalin hubungan pertemanan yang baik itu juga bikin waktu lo ga terbuang sia-sia. Tapi jangan keseringan maennya.

  1. Organisasi.

Sebenernya gw paling males ikut organisasi. Ya kalo ada organisasi yang cocok buat lo kenapa ga coba aja. Itu cara yang ampuh buat ngisi waktu luang lo. Dan yang paling penting di organisasi itu lo harus aktif seaktif aktifnya.

Itu hanya beberapa catatan kecil ala gw buat ngisi waktu luang yang baik. Dengan maksud dari quality time sendiri itu lo jadi bisa lebih menghargai waktu detik demi detik. Untuk menciptakan kebiasaan yang baik pastinya perlu adanya sedikt paksaan dari diri kita sendiri. Kalo kita terus-terusan males, terus kapan mulainya? J

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s