Gigi masih bisa tumbuh saat dewasa


Kata siapa orang dewasa sudah tidak bisa lagi tumbuh gigi? Orang dewasa masih bisa kok. Ini terbukti seperti apa yang saya alami <(˘̯˘ )>

Semua itu berawal ketika saya merasakan sakit gigi yang teramat pada bulan-bulan yang lalu, hmm tepatnya bukan sakit gigi sih tapi sakit aja. Dan setelah diperiksa ternyata sakit itu berasal dari gusi saya yang membengkak, waw sakit sekali rasanya. Lokasinya tepat pada pojok atas gusi saya. Awalnya hanya satu yang bengkak, tapi makin kesini jadi 2, 3, dan 4 di masing-masing pojok gusi saya. Selama itu saya jadi tidak bisa berbicara karena saking sakitnya, apalagi makan dan kadang merasakan pusing (͡ï̯͡ï) . Setelah beberapa hari kemudian ternyata ada sedikit tonjolan keras. Ternyata aku sadar itu adalah gigi. Dari situ saya baru tahu bahwa diusia dewasa pun masih bisa tumbuh gigi.

Yang saya alami adalah tumbuhnya gigi bungsu artinya gigi terakhir. Gigi bungsu ini tumbuhnya sangat perlahan dari gigi-gigi yang lain. Tumbuhnya gigi bungsu ini dari umur 17-21 bahkan sampai 35 tahun atau bisa tidak tumbuh sama sekali. Biasanya pada awal dia tumbuh, gusi akan agak bengkak, itu yang saya alami. Yang perlu dilakukan jika gusi gigi bungsu sakit adalah cek ke dokter gigi, supaya kita bisa tahu keadaan gigi bungsu kita apakah terjadi penyimpangan atau tidak.

Yang ditakutkan adalah adanya impaksi pada gigi bungsu kita. Impaksi adalah kondisi pertumbuhan gigi yang tidak sempurna dengan posisi yang tidak tepat. Itu terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah karena tidak adanya tempat untuk erupsi. Rahang “kesempitan” gara-gara pertumbuhan tulang rahang kurang sempurna. Selain itu yang sering jadi masalah ketika gigi tidak muncul sempurna pada gusi. Gusi yang menutupi gigi dapat menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan sakit pada gigi.

Sekarang gigi saya sudah lengkap, ada 32 dan sehat itu berarti saya sudah dewasa. Tidak terasa waktu begitu cepat.

8 thoughts on “Gigi masih bisa tumbuh saat dewasa

  1. wah saya juga sedang mengalaminya nih, kemaren sempet ke dokter gigi utk scalling, setelah itu di kasih obat kumur dua maca, satu obat antibiotik dan satu lagi obat penghilang rasa sakit akibat infeksi, tar hari rabu janji ketemu doketr lagi utk melakukan pembedahan gigi tersebut

  2. dlu gigi saya pernah tercabut N tumbuh tp sekarang gigi saya tercabut lagi,,kira-kira gigi saya bisa tumbuh lagi gak dokter??

  3. saya juga di usia 28 thun gigi gerahang paling bkakang terlmbt tumbuhnya.
    yg jd pertanyaan selama ini oleh beberapa orang. kenapa gigi dewasa stelah tanggal. gak bisa tumbuh lagi seperti gigi susu

  4. kalau gigi saya bolong bagaimana? umur saya sudah 18. apakah kalau di cabut dapat tumbuh kembali? terimakasih

Leave a Reply

